Shimano sepertinya hobi men-tickle down atau “menurunkan warisan” teknologi kasta teratas nya ke line up produk kelas entry level kebawah. Pabrikan asal Sakai, Jepang ini telah meluncurkan line up “facelift” untuk kasta sejuta umat Shimano yakni tipe Deore. Tetap mengusung konsep 10-speed drivetrain, namun kali ini shimano berupaya mendatangkan teknologi yang terpasang di tipe SLX, XT dan XTRnya ke dalam grupset yang mengusung konfigurasi sprocket 11-42T tersebut.

Seakan menjawab tantangan dan penetrasi pasar yang saat ini dikuasai pesaingnya SRAM, Shimano berupaya menghadirkan line up grupset yang “ramah kantong” dan dilengkapi teknologi mutakhir sehingga tak heran kehadiran Deore terbaru ini diprediksi akan mengguncang pangsa grupset MTB yang mulai lari ke 11 speed karena konfigurasi rasio yang lebih luas ketimbang 10 speed.

Di tampilan brakeset sedikit memberi perubahan dengan penambahan fitur i-spec di dalamnya sehingga dapat memangkas tampilan dan bobot diatas handlebar. Namun belum dimasukkannya fitur icetech pada brakepad yang membuat perubahan ini sedikit minor namun cocok lah dengan harga yang ditawarkan.

Desain spider arm “warisan” XT dan XTR

Sementara itu, pengguna crankset multi speed akan dimanjakan dengan fitur sideswing yang merupakan teknologi terbaru shimano dalam memperingan tarikan fd dibanding top atau down swing yang ada pada line up sebelumnya. Namun perlu diingat sobat Braderian, bahwa fitur ini juga harus didukung set up frame yang compatible dengan fd tarikan samping juga.

Tidak terlalu berubah tampilan RD dari seri sebelumnya, tetap memakai teknologi Shadow Plus.

Shifter i-spec compability.

Sekilas mirip brakeset XT, namun belum disematkan adjuster brake lever.

Yang terakhir yakni “facelift” tampilan crankset dual yang notabene mirip dengan tipe Deore XT dan XTR dan menggunakan bahan alloy terbaru sehingga membuat tampilan lebih segar dan bobot lebih ringan. Namun sobat Braderian harus bersabar, karena menurut Vitalbike.com label produk M6000 ini akan hadir di bulan Mei 2017, jadi siapkan tabungannya dulu sebelum meminangnya! (23)

Foto: Shimano.jp Vitalbike