Eurobike adalah pameran sepeda terbesar di dunia. Siapapun yang datang untuk pertama kalinya akan terpesona oleh jumlah peserta pameran, berbagai macam produk yang ditawarkan dan waktu yang diperlukan untuk berjalan dari satu ujung ke ujung lainnya, bahkan termasuk kesempatan test ride. Sekitar 50.000 orang hadir setiap tahun di sana.
Tahun ini Eurobike akan diadakan di Messe (hall pameran) sekitar 4 km dari pusat kota Friedrichshafen, kota dimana kapal udara Zepellin yang terkenal itu berada. Sebagai informasi, pada tahun 2015 ada 12 ruang pameran yang luas dengan sekitar 1.380 perusahaan yang menunjukkan produk terbaik mereka. Produsen ternama seperti Giant, Pinarello, Specialized, Colnago, dan Raleigh memiliki area yang sangat luas, di samping pabrikan lainnya. Tak lupa, satu-satunya Brand Indonesia – Polygon turut berpartisipasi di Pameran ini setiap tahunnya sejak 2011 hingga kini. Jajaran e-bikes, apparels, dan sebagainya dipamerkan di Eurobike baik dalam format business-to-business (B2B) maupun business-to-customer (B2C). Pada dasarnya, produsen seluruh dunia yang berhubungan dengan bersepeda ada di Eurobike.
“Dalam hal jumlah peserta untuk Eurobike, kami akan menghadirkan sekitar 1.400 peserta pameran,” Dirk Heidrich – pemimpin proyek Messe Friedrichshafen.
Pemain Baru
Ruang pameran Eurobike telah terjual habis. Tahun ini, sekitar 100 perusahaan merayakan penampilan perdana mereka di Eurobike, beberapa perusahaan yang sebelumnya sempat tidak ikut tahun lalu, tahun ini mereka kembal lagi ke Eurobike.
Pelopor sepeda gunung Kona, tahun ini hadir di Eurobike. Perusahaan asal Amerika ini akan membawa beberapa produk baru yang menarik, sebut saja jajaran E-MTB terbaru yang dilengkapi dengan Performance-CX drive dari Bosch.
Pemain baru di market E-bike TechniBike yang baru didirikan juga akan membuat penampilan yang kuat tak hanya berfokus pada tema sepeda E-MTB. Bagi Brader mungkin merek ini terdengar baru, namun belakangan ini perusahaan ini sudah cukup dikenal banyak konsumen.
Pendatang baru Streetscooter juga akan mencuri perhatian publik. Sejak 2014 perusahaan ini telah mengembangkan kendaraan listrik untuk aplikasi logistik dalam kota. Streetscooter cukup fokus dan terus mengembangkan sistem pedelec. Tahun ini, untuk pertama kalinya, anak perusahaan Deutsche Post akan menyapa pengunjung Eurobike dimana perkembangan market e-bike akan banyak dilihat di sana .
E-bikes memang sedang menjadi perhatian produsen global, banyak perusahaan yang mengembangkan e-bike. Namun fokus dari semua peserta pameran Eurobike tahun ini tidak hanya itu. BETA startup dari Swiss yang didirikan pada tahun 2017, membanggakan diri dengan mengembangkan kerangka karbon berkualitas tinggi untuk sepeda balap dan sepeda gunung. Pendiri perusahaan Jonas Müller ingin membawa konsep kerangka sepeda yang ideal untuk berbagai tujuan. Para peserta pameran yang merayakan premier Eurobike tidak hanya produsen sepeda dan E-bike, tapi juga banyak produsen peralatan dan aksesoris.
Eurobike panggung bagi Start-Up
Untuk setiap industri, perusahaan baru berarti lebih dari sekadar menghirup udara segar. Dengan pemikiran yang tidak biasa dan terkadang radikal, start-up juga cukup sering bagian penting pendorong inovasi untuk pasar sepeda. Eurobike Start-up Academy menawarkan format independen untuk mendukung masuknya peserta start-up untuk pertama kalinya.
Pada hari pertama pameran 8 Juli 2018 nanti, adalah saatnya bagi para peserta start-up meningkatkan keahlian mereka di Start-up Academy yang baru. Keberhasilan serta kegagalan start-up dari dunia sepeda akan dijelaskan bagaimana cara menguasai pasar sepeda dan kesalahan apa yang perlu dihindari. Seminar dan lokakarya juga memberikan informasi tentang bentuk pembiayaan, jaringan, dan peluang untuk kolaborasi.
“Untuk setiap industri, pembaruan rutin dan momentum baru dari perusahaan muda sangat berharga untuk tetap memandang ke depan dan inovatif. Dalam hal ini, kami melihat kegiatan baru untuk start-up lebih dari sekedar memperkaya program pendukung tetapi sebagai komponen lain dalam kerangka platform industri Eurobike yang komprehensif, ”kata Stefan Reisinger, business area head of the Eurobike.
“Dua kali saya turut menghadiri Eurobike, di tahun 2012 dan 2013. Kami telah dibuat kagum dengan banyaknya brand dunia, betapa luasnya area pameran, dan kesempatan test-ride di track yang cukup panjang dan variatif. Hingga saat ini Eurobike masih menjadi barometer inovasi & tren sepeda dunia. Tak salah Brand Indonesia – Polygon selalu berpartisipasi setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran merek di level global. Tahun ini Eurobike pasti akan menyajikan sesuatu yang lebih menarik, terlebih dengan sedang populernya inovasi e-bike”, Fendi – Braderian.
Leave A Comment