Jakarta Selatan bertambah lagi tempat tongkrong terkini. Menghadirkan ruang publik baru bernama M Bloc Space . Berlokasi persis di sisi kiri jalan sebelum Terminal Blok M.

Ruang publik M Bloc Space berkonsep menyatu tanpa sekat dengan jalur trotoar, menghadirkan nuansa bangunan Blok M tempo dulu karena masih mempertahankan bentuk asli bangunan lama.

Tampak gamblang beberapa tenant brand lokal hadir di M Bloc Space seperti Suwe Ora Jamu, Tokyo Skipjack, Titik Temu Coffee, Kebun Ide, hingga Kedai Tjikini mengisi sejumlah lapak yang ada di sana.

Proyek M Bloc Space sebenarnya mengalihfungsikan lahan seluas 7.000 meter persegi milik Peruri, yang dahulu digunakan untuk perumahan karyawan dan gudang produksi uang yang sudah tak beroperasi. Kini dirombak cantik menjadi tempat berkumpul komunitas milenial. Perum Peruri bekerja sama dengan PT. Ruang Riang Milenial.

Dikutip dari Antaranews.com:

“Ini bisa dibilang daerah yang terlupakan. Eks rumah dinas Peruri ini kawasan yang orang tidak pernah notice (lihat),”

kata Wendi Putranto selaku Direktur Program M Bloc Space dalam jumpa pers di Jakarta.

Wendi menambahkan, ada sejumlah kendala dalam proses alih fungsi lantaran tempat tersebut sudah 25 tahun dibiarkan kosong dan tidak terawat.

“Awal masuk 2 Februari 2019 itu suasana hutan belantara dan saya kaget ketika masuk ke dalam ternyata gede banget tempat ini. Kita seperti melihat harta karun sebuah space yang hampir 25 tahun lalu terabaikan,” lanjut dia.


Masuk ke area tengah yang berkonsep outdoor, sejumlah mural tampak menghiasi tembok. Terdapat juga bagian dalam M Bloc Space yang sediakan sebagai panggung musik dengan konsep indoor. M Bloc Space menjadi wadah bagi para musisi unjuk kebolehan. Nama-nama besar seperti Glenn Fredly, Tompi, Mocca hingga ST Loco diketahui telah tampil di sana saat peresmian M Bloc Space.