Jika Brader pernah mengendarai beberapa sepeda listrik sebelumnya, mungkin pernah menggunakan komponen sepeda listrik Bafang atau bahkan tidak menyadarinya. Ketahuilah Brader, Bafang itu salah satu produsen motor dan komponen sepeda listrik terbesar.
Bafang memproduksi berbagai komponen mobilitas elektronik dan sistem penggerak (e-drive) elektronik, telah mengembangkan komponen dan sistem lengkap untuk kendaraan listrik sejak tahun 2003. Perusahaan ini berfokus pada semua tren mobilitas elektronik global di masa depan.
Bafang mempekerjakan sekitar 500 staf di seluruh dunia di lima lokasi. Kantor pusat, pengembangan dan pusat manufaktur berbasis di Suzhou, dekat Shanghai. Bafang memiliki Sales & Service Centers di Belanda, di Amerika Serika dan di Jerman. Pabrik yang baru dibuka di Polandia akan fokus pada produksi sistem motor menengah untuk pasar Eropa.
Konsep Bafang
Bafang sekarang telah menjadi pemasok sistem lengkap yang sukses secara global. Selain motor berkualitas tinggi, Bafang menawarkan rangkaian produk lengkap komponen untuk eBikes dan skuter listrik. Portofolio Bafang juga mencakup HMI (human machine interface) yang mudah digunakan , baterai penyimpanan yang handal dan sensor untuk membawa feel berkendara yang natural. Konektor dan unit kontrol motor (contorller) melengkapi rangkaian produk Bafang.
Menyasar Pasar Kelas Atas
Meski memiliki product line-up yg banyak di entry-level, Bafang menyasar pasar kelas atas, memperkenalkan konsep desain industri eropa. Bafang sudah memiliki reputasi baik dalam lingkup global. Selama tahun-tahun ini, penjualan terus berkembang pesat karena menempati posisi penting di pasar Eropa dan Amerika. Bafang sekarang menjadi salah satu pemasok sistem penggerak terkemuka di industri.
Pengaplikasian Motor Listrik Bafang
Saat ini Bafang telah melengkapi produknya untuk sistem penggerak sepeda MTB, Road, Touring, City dan Cargo, menggunakan produknya Seri-M series, H-Front Series dan H-Rear Series.
M series didesain untuk memiliki karakter bertenaga namun tenang, motor didesain untuk memberikan aliran tenaga yang baik untuk tanjakan maupun turunan. Bantuan maksimumnya hingga 120Nm menghilangkan rasa sakit saat pendakian dan membuat semua pengendara selalu bertenaga.
Sedangkan motor listrik dalam Seri H-Front sangat ringan dan sangat cocok dengan sepeda perkotaan. Dengan tenaga 250 W mereka memberikan bantuan yang harmonis dan mendukung pengendara dengan sempurna untuk perjalanan harian melintasi kota.
Ukurannya kecil, ringan, dan memiliki efisiensi tinggi. Pengoperasian yang mulus & tenang, sistem penggerak ini ideal untuk city-e-Bikes. Motor penggerak depan kompatibel dengan rem cakram atau pelek dan memiliki daya 250W serta maks 42Nm torsi.

Braderian: Bafang HR Series, tipe motor listrik cocok untuk city, touring, dan commuter.
Bafang seri H-Rear didesain untuk efisiensi tinggi. Cukup bertenaga, sistem penggerak ini membantu pengendara bahkan dalam perjalanan yang lebih lama dengan torsi hingga 45Nm pada 250W. Tetap ekonomis dalam konsumsi baterai. Motor penggerak belakang ini memiliki daya nominal 350 atau 500W dan torsi maksimum 50 Nm. Ideal untuk e-Bikes touring dan komuter.
Berbasis Pabrik
Seiring waktu Bafang terus berkembang, jejak globalnya tumbuh. Perusahaan ini sedang bersiap untuk pindah ke plant yang lebih besar di China dan telah membangun pabrik kedua di Polandia. Pabrik di Eropa akan membantunya lebih bersaing dengan pabrikan besar Eropa seperti Bosch dan Brose. Bafang memproduksi produk-propduk OEM, entah merk apa saja yang bekerjasama dengan Bafang sebagai pabrikannya.
Serius Bafang Bagus?
Kami temukan sebuah review produk Bafang BBS02. Semua versi berbeda dari kit motor penggerak tengah Bafang mencakup semua bagian yang Brader perlukan untuk mengubah sepeda konvensional menjadi sepeda listrik. Jika Brader rencana merakitnya, pastikan gunakan baterai yang sesuai. Beberapa penjual memang menjual kit Bafang BBS02 bersama dengan baterai dalam satu kemasan. Hati-hati kalau Brader membeli secara terpisah.
Kit motor middle-drive Bafang akan mencakup beberapa komponen berikut:
- Motor unit dengan integrated controller (500W or 750W)
- Display (DPC18, P850C, P860C, 750C, SW102, C965 or C961)
- Chainring (44T, 46T, 48T or 52T) + plastic guard
- Brake levers + integrated cut-off switches (or hydraulic cut-off sensors)
- Throttle
- Speed sensor + magnet
- Wiring harness
- Two crank arms (left and right)
- Mounting hardware
Display Mana yg Kita Pilih?
Umumnya, tidak masalah display mana yang Brader pilih. Perbedaan antara tampilan sebagian besar karena estetika saja, Brader tinggal pilih mana yg terlihat bagus dan menampilkan informasi dengan jelas. Semua layar memiliki fungsi yang sama persis, satu-satunya pengecualian adalah port USB untuk pengisian daya. Layar P850C, DPC18 dan 860C memiliki port USB built-in dimana Brader dapat mengisi power handphone misalnya. Jadi jika Brader benar-benar membutuhkan fitur ini, harus memilih salah satunya.
Ride and Feel
Motor mid-drive Bafang BBS02 memberikan pengalaman berkendara menakjubkan. Bantuan pedal menggunakan sensor irama untuk menentukan seberapa besar daya yang harus dibantu. Sistem ini bekerja dengan sangat baik dan pedal assist terbaik pada kit konversi apa pun. Brader juga dapat mengontrol motor dengan throttle jempol, namun biasanya fitur ini jarang digunakan. Throttle tidak benar-benar bertambah, hanya berjalan atau tidak. Oleh karena itu, sebagian orang tidak menginstalnya, pedal assist tetaplah alternatif yang jauh lebih baik.
sumber: edrivenet
Motor mid-drive, diposisikan dengan cara yang bagus di sepeda. Bobot motor rendah dan berpusat pada sepeda. Ini memberikan keseimbangan yang bagus yang akan kontrol melibas tikungan sangat baik. Motornya juga berjalan sangat mulus dan tenang, yang membuatnya terasa seperti motor premium. Secara keseluruhan, sistem Bafang terpadu dengan sangat baik. Brader akan kagum dengan betapa hebatnya conversion kit ini.
[…] TENTANG E-DRIVE BAFANG […]
[…] dan United E-Clovis. Contoh lagi.. United E-Gavriil juga pakai pedal-assist namun dengan merek Bafang M800 mid-drive… jadi sistem pedal-assist itu diaplikasikan di banyak merek ya gaes.. setidaknya ada merek yang […]