Tyrell adalah brand asal Jepang. didirikan oleh Masahito Hirose pada tahun 2004. Tyrell terkenal dengan sepeda mini-velo-nya dan langsung meraih berbagai penghargaan desain di Jepang, bahkan sebelum produk mereka pertama kali diluncurkan ke pasar konsumen pada tahun 2005. Tidak mengherankan mengingat fakta bahwa semua sepeda Tyrell dirancang dan dirakit di Jepang di bawah pengawasan ketat Masahito Hirose.

Masahito Hirose sebenarnya seorang arsitek tetapi sekaligus penggemar sepeda, Brader ini memiliki visi – membangun mini-velo terbaik. Jadi setelah 14 tahun di Tokyo merancang bangunan, dia membawa skill yang dimiliki, berlatih dan antusias untuk olahraga-nya kemudian kembali ke kota asalnya dan memulai Tyrell.

 

Terkenal dengan Mini-Velo

Meskipun sekarang Tyrell sudah melengkapi line-up produknya dengan Road Bike 700c, Tyrell lebih dikenal sebagai produsen mini-velo. Mini-velo adalah sepeda road atau urban yang biasanya dilengkapi roda ukuran 20″. Mini-velo sangat populer di Jepang dan Korea. Didesain untuk jalanan perkotaan, secara umum didesain supaya ringan dan ringkas dengan manuver yang lincah. Mini-velo serasa sempurna untuk kehidupan kota yang padat.

Daya tarik mini-velo Tyrell terletak pada tampilannya, desain frame-nya. Masuk akal, Tyrell lahir dari negeri fashion trendi Jepang. Sekarang ini mini-velo Tyrell menjadi populer di kalangan pengendara muda hingga yg bergaya hipster di mana pun.

Dan semakin meningkat, dalam kancah balap sepeda yang kompetitif, velos mini menjadi pilihan roda mini yang disukai para pemenang.

 

Lahirnya Tyrell yang ikonik

Masahito Hirose penggemar berat sepeda dan dia ingin membuat sepeda untuk dirinya sendiri. Awalnya, tidak ada niat untuk menciptakan Tyrell sebagai brand, karena Itu semua untuk dirinya sendiri.

Tahun 2003 desain pertama dibuat, namun karena masih bekerja penuh waktu sebagai arsitek, dia membutuhkan waktu dua tahun sebelum desain pertamanya selesai.

Pada tahun 2005, desain dan prototipe lengkap pertama dibuat, dan Tyrell pertama lahir. Masahito Hirose kemudian memutuskan untuk menunjukkan idenya ini  kepada teman dan kenalannya, dan responnya sangat baik. Inilah saat dia memutuskan untuk membuat merek bernama Tyrell.

 

Dari Mana Nama Tyrell berasal?

Asal-muasal nama tersebut dimulai dari kekaguman Hirose pada sebuah film, dimana perusahaan yang dijalankan oleh tokoh protagonis utamanya bernama Tyrell. Kami tidak dapat data, apa judul film tersebut. Selain itu, dia mengambil inspirasi besar dari mobil balap Tyrrell P34 Formula 1 yang inovatif – yang memperkenalkan empat roda depan. Inspirasi ganda ini mengarah pada merek baru yang disebut “Tyrell”.

Desain Sepeda Tyrell

Masahito Hirose mendesain sepedanya menjadi ringan, cepat, dan dapat disesuaikan. Dua karakteristik pertama langsung terlihat jika Brader melihat unit sepedanya. Sebagian besar sepeda Tyrell hadir dengan bentuk frame silang dengan dropbar atau bullbar. Adapun kustomisasi, ada juga berbagai macam warna yang dapat Brader pilih.

 

Produk Tyrell yang Sekarang

Sekarang ini Tyrell punya 3 kategori sepeda. Mini Velo, Folding Bike dan Road Bike 700c. Silahkan Brader cek di tyrellbike.com. Jika kita amati, Mini Velo & Folding Bike lansiran Tyrell memang punya karakter desain yang kuat, unik, seperti yang kami jelaskan sebelumnya.

Sedangkan untuk Road, secara desain tampak tidak ada yang spesial. Road – Tyrell RX diposisikan sebagai sepeda road bermaterial frame steel dengan pesona redam getaran yg organic untuk perjalanan yang nyaman, bergenre all-round road bike. Mungkin secara experience akan ada yang unik untuk tipe roadnya.

Tyrell menggunakan chromoly high-performance lightweight steel buatan Columbus. Dengan material ini membantu mencapai berat rangka 1,5 kg. Ringan dan rigid, sehingga Brader dapat merasakan kenyamanan perjalanan bahkan dalam perjalanan jauh. Semua pengembangan dan fabrikasinya dibuat di Jepang, di bawah sistem kontrol kualitas dan akurasi yang ketat.

Pengelasan menggunakan TIG (Tungsten Inert Gas) pada sambungan tabung dan powder-coating pada rangka, menempatkan pekerjaan ini sebagi seni. Tyrell membuat sepeda road secara hand-made.

Mini-velo Tyrell mewakili konsep baru yang menarik dalam performa bersepeda. Direkayasa dengan sangat detail untuk toleransi kualitas dan fungsi sekaligus, Tyrell telah membuktikan diri menempati hati para penggemarnya. Terasa kokoh tapi friendly, frame yang unik, indah dan seimbang, dan dikendaraai terasa sttiff dan stabil. Untuk pengendara yang antusias, Tyrell seru mencapai kecepatan tinggi sekaligus sangat menyenangkan. — tyrellbikesint.ning.com

Tyrell di Indonesia

PT Spin Warriors Indonesia tercatat sebagai official store untuk Indonesia. Brader bisa akses di spinwarriors.com atau langsung samperin tokonya di QBig Mall 2nd Floor No. UG 9-12, Jl. BSD Raya Utama, Tangerang. Secara populasi, Tyrell di indonesia sudah tampak sering seliweran di sosial media, terutama untuk mini-velo-nya.

https://www.instagram.com/p/CGeO-TEHHsd/

“Tyrell terbukti berhasil telah membawa kembali genre sepeda roda kecil dengan gaya dan keunggulan teknik yang segar” — Braderian.id