Ada pembicaraan dalam forum sepeda bikeforums.net, membahas tentang dari mana merek sepeda lipat Fnhon berasal. Seorang member kemudian menjawab, “seperti yang kita ketahui, CEO Fnhon, Mr. Feng dulu adalah sales manager Dahon. Dia dan timnya meninggalkan Dahon kemudian menciptakan merek baru Fnhon dan FSIR. Pada tahap awal pengembangan, mereka membuat clone (tiruan) dari Dahon, memodifikasi parts terutama untuk pasar DIY (do-it-yourself). Sekarang Fnhon sudah membuat sistem lipat dan frame asli desain mereka”.

Rumor ini sudah beredar di mana-mana secara digital, mungkin sudah banyak netijen mempercayainya, tapi tidak ada rilis resmi dari berita yang menguatkan rumor tersebut. Bahkan di website Fnhon yang masih berbahasa mandarin itu juga tidak menceritakan tentang asal-usulnya.

OK, lupakan tentang asal-usulnya, yang jelas saat ini Fnhon sangat fenomenal, terutama di Indonesia. Ya, negeri kita ini yang selalu heboh kalau ada barang baru.

 

Latar Belakang Kelahiran Brand

Laju perkembangan kota semakin cepat dan semakin cepat, dan semakin ramai. Oleh karena itu, sepeda lipat yang lebih ringan dan lebih kecil menjadi dibutuhkan. Nyaman untuk dibawa, ukurannya kecil, dan cepat untuk dikendarai. Tak lama kemudian, sepeda lipat dengan cepat mengimbangi sepeda road dan sepeda gunung, menjadi kategori sepeda yang terus membesar. Ini yang membuat Fnhon fokus di sepeda lipat. Tapi tak hanya itu.

Fnhon menemukan hal yang tidak didapat oleh konsumen sepeda secara umum. Banyak pengendara selalu tidak puas dengan pengalaman bersepeda yang monoton, yang diberikan oleh pabrikan. Pabrikan tidak bisa memenuhi ekspektasi setiap individu konsumen karena produknya diproduksi secara masal. Satu desain sepeda, digunakan oleh banyak orang dimana tidak semua orang menyukainya.

Adalah sifat manusia untuk berubah dan berkreasi, memodifikasi sesuatu untuk dirinya. Fnhon mengambil celah pasar di sini.  Idenya adalah, bagaimana konsumen menentukan sepeda lipatnya sendiri, sesuai dengan preferensi masing-masing.

Beberapa veteran di industri sepeda lipat dan penggemar sepeda lipat menemukan kebutuhan ini. Kemudian mereka mendirikan Shenzhen Charming Fengxing Technology Co., Ltd. pada tahun 2010. Perusahaan ini berkantor pusat di Shenzhen. Disini mereka mendesain produk, penelitian dan pengembangan, hingga produksi semuanya dikerjakan mandiri. Mereka fokus pada pasar sepeda lipat DIY. Disinilah Fnhon terlahir.

 

Konsep Brand Fnhon

Setiap pengendara harus memiliki kebebasan untuk membedakan dirinya dari orang lain, begitu juga dengan sepeda yang mereka kendarai. Bagaimana supaya semua orang bisa merakit sepeda lipat yang sesuai untuk mereka, dengan struktur berbeda, aksesori berbeda, dan warna berbeda.

 

Foto: Instagram @iggytheman, memodifikasi sepeda lipat.

Bagaimana membuat kita lebih berbeda adalah pertanyaan yang selalu dipikirkan tim fnhon setiap hari. Yang berbeda dari pembuatan sebuah fullbike adalah: adanya banyak ruang untuk memodifikasi. Bagaimana cara menggunakan proses yang lebih solid untuk memastikan bahwa frame dapat mempertahankan kualitas yang stabil selama proses modifikasi berkelanjutan. Berusaha menghadirkan lebih banyak aksesoris untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Bagaimana membuat desain terlihat lebih berkarakter.

Fnhon berusaha memberikan kebebasan, membiarkan semua orang merasakan pengalaman bersepeda dengan caranya sendiri. Membuat selalu yang berbeda, itulah yang ingin Fnhon inginkan.

—-

Dengan konsep DIY yang dimiliki oleh Fnhon, tak heran hingga saat ini mereka menjual frame-only. Kalaupun konsumen mendapatkannya dalam bentuk full-bike, itu adalah kreasi dan layanan dari toko yang menjualnya. Terserah Brader, mau suka-suka dengan merakit sendiri, memilih parts yang Brader inginkan atau membutuhkan tangan orang lain untuk mendapatkan full-bike.

Membandingkan dengan pabrikan sepeda yang lain, serunya adalah membuat penghobi sepeda di Indonesia memiliki semakin banyak alternatif model sepeda di pasar. Selamat buat kita sendiri. :)

Fnhon direspon sangat positif oleh pesepeda Indonesia, salah satu tipenya, Fnhon Gust laris manis di jual di Indonesia. Bahkan banyak brand lain yang membuat mirip seperti frame Gust.

 

Catatan Tentang Frame Fnhon

Frame yang dibeli dari dealer resmi mendapat garansi tiga tahun. Frame fnhon dirancang agar pengguna dapat berkendara di jalan raya dalam kondisi baik, dan beban maksimal tidak melebihi 100 kg (termasuk berat pengendara dan bagasi). Sepeda fnhon tidak cocok untuk aksi ekstrim, bersepeda lintas alam, dan olahraga ekstrem. Fnhon sebaiknya hanya digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan, yakni penggunaan wajar commuting dengan tipikal urban-bike. Penggunaan yang tidak benar dapat menyebabkan beberapa komponen tidak berfungsi dan bisa menyebabkan Brader tidak menikmati garansi. Fnhon juga memberikan rekomendasi untuk tidak memasang kursi anak pada frame.

Proses fabrikasi pada pabrik Fnhon

Nah, disinilah yang perlu juga Brader pertimbangkan, apakah memilih Brand yang belum memiliki dealer resmi di Indonesia atau memilih brand lokal yang normalnya jika ada kendala dengan frame maka klaim garansi relatif lebih mudah. Tapi semua itu kembali pada komitmen dari toko sepeda tempat ada membeli.