Jika saat ini ditanya, “merek folding-bike apa yang brader inginkan?”, mungkin sebagian akan menyebut Brompton karena saat ini sedang men-dewa di Indonesia (wah tapi ampun mahalnya), atau memilih merk lokal yang lagi kencang — Element, atau brader antusias dengan custom, memilih frame Fnhon kemudian merakitnya sendiri, atau kabur dari 3 pilihan tersebut justru memilih 3Sixty.

 

Ya, merek lain yang dikaitkan dengan Brompton dan menuai kesuksesan adalah sepeda asal Korea, 3Sixty.

 

Harga

Merek yang sering disebut di forum sepeda affordable Brompton clone ini diproduksi di Shenzhen, China dan juga di Korea, seperti yang disebut dalam website nya — 3Sixty.kr. Cukup muda, perusahaan ini didirikan pada tahun 2012. Dari awal dibangun, 3Sixty memiliki komitmen untuk memberikan pilihan kepada konsumen dengan harga sepeda yang terjangkau, dengan tetap menjaga kualitas.

Meski harganya jauh lebih murah dibanding Brompton, Tapi produk 3Sixty masuk ke Indonesia dalam kisaran yang tidak murah juga. Kami cek di Tokopedia, 3Sixty dijual dengan harga sekitar 11-13 jutaan, bahkan lebih. Coba Brader cek juga di toko resminya. Lumayan mahal juga kan, bandingkan folding bike yang murah dipasaran seperti Genio Runes, atau Avand Re-Arm, mereka dikisaran harga 4jtaan tapi secara kualitas tak kalah.

 

https://www.instagram.com/p/CHKk4hwHJ9i

 

Desain frame

Dari segi bentuk frame, 3Sixty ini sangat mirip dengan Brompton. Ya kita tau, masyarakat kita cenderug cuek aja dengan plagiarisme, sudah jelas-jelas merek ini nyontek Brompton, justru merek ini diterima dengan lapang dada dan hati yang riang. Bahkan para penikmatnya tak segan mencabut label merek 3Sixty lalu ditimpa dengan stiker bertuliskan Brompnot – dengan gaya tulisan yang sama seperti Brompton. Tak hanya sekedar stiker, beberapa dari mereka yang kantongnya masih tebal, mereka bahkan menganti parts yang melekat di 3Sixty diganti dengan parts asli Brompton. Kalau sudah seperti itu, sekalian aja stiker diganti dengan Brompton, mata awam akan sulit membedakan.

Di tahun 2019, 3Sixty menambah lebih banyak lineup. Small frame with M-bar (model seperti tahun lalu, berdasarkan TW brompton, headset 1 inci, , no pusher mount nut). Small frame with S-bar (model seperti tahun lalu, dengan stem untuk handlebar S-type). Large frame (desain yang baru, ukurannya kira-kira sama dengan Brompton, headset 1 1/8) dan versi Full titanium.

Jadi pada dasarnya versi frame baru akan hampir sama dengan Brompton.

 

Foto: bikeforums.net