Reach dan Stack adalah istilah dalam geometri sepeda yang sering disebut, tetapi apa sebenarnya artinya dan mengapa penting untuk diketahui?
Kembali ke masa lalu, dulu memperhitungkan geometri sepeda supaya fit dengan postur tubuh dan gaya berkendara cukup ribet. Harus mengetahui panjang beberapa bagian frame, menghitung derajat setiap sudut, kemudian sedikit perhitungan aritmatika. Hingga kini, untuk keperluan yang lebih profesional (seperti balap/ kompetisi), perhitungan rumit tersebut sebenarnya masih dilakukan.
Namun kini industri juga ga mau bikin riweuh konsumennya. Supaya pesepeda lebih mudah dan cepat mendapatkan jenis/ ukuran sepeda yang tepat kini muncul istilah Reach dan Stack.
Ide ini awalya dimulai oleh merek sepeda asal Kanada; Cervélo. Cervelo yang lebih dikenal sepeda aspalnya (road bike) menemukan formula Reach & Stack ini. Sekarang ini bukan hanya Cervelo, hampir semua brand sepeda kini melampirkan informasi Reach dan Stack di bagan geometri. Kini pengguna sepeda menarik kesimpulan lebih mudah.
Stack adalah jarak vertikal antara titik tengah bottom bracket hingga bagian atas headtube. Reach adalah jarak horisontal dari titik tengah bottom bracket ke bagian atas headtube. Untuk lebih mudahnya cek keterangan pada grafis. Stack dan Reach biasanya dinyatakan dalam ukuran milimeter (mm) atau sentimeter (cm), adalah pengukuran antara dua titik yang sama, satu adalah komponen vertikal dan yang lainnya adalah komponen horizontal. Cukup sederhana kan?

Braderian: Reach dan Stack pada Roadbike.
Reach dan Stack tidak memberi tahu semua yang perlu Brader ketahui tentang geometri sepeda, karena idenya adalah menyederhanakan. Hal ini merupakan awal yang sangat berguna. Nilai angka pada Stack dan Reach memungkinkan Brader menilai dengan cepat apakah sebuah sepeda cenderung menawarkan posisi berkendara yang cocok atau tidak. Itu hanya sebagai nilai ukur awal, untuk lebih presisi tentu saja harus menggali geometri lebih dalam.
Mengapa Stack dan Reach penting?
Tentu! Brader tahu bagaimana sepatu dan jeans memiliki ukuran yang bervariasi di antara produsen? Sama halnya dengan sepeda. Sepeda 56cm dari satu merek mungkin sangat pas untuk Brader, sementara sepeda 56cm dari merek lain mungkin terasa terlalu kecil. Jadi jangan buru-buru ngejudge merek tertentu punya geometri jelek ya! karena memang masing-masing pabrikan punya formula yang berbeda.
Ukuran frame yang digunakan biasanya merujuk pada panjang seat-tube, namun informasi tersebut sebenarnya tidak memberi informasi lebih lanjut tentang posisi berkendara. Beberapa rancangan frame seperti kemiringan top-tube, seat-tube yang lebih pendek, dimana setiap brand membuat formula yang berbeda-beda akan memperumit keadaan. Brader akan kesusahan menentukan ukuran yang cocok. Misalnya, sepeda road-race Cannondale SystemSix berukuran 54cm memiliki geometri yang sangat berbeda dari sepeda road-endurance Cannondale Synapse berukuran 54cm. Dengan contoh kasus itu, artinya tidak mungkin menentukan ukuran sepeda yang sesuai hanya berdasarkan satu bagian panjang bagian frame tertentu (misalnya: seat-tube).

Anatomi Sepeda, MTB, Geometri
Membandingkan panjang Stack dan Reach akan membuat segalanya lebih mudah, adalah metode cepat membandingkan sepeda yang berbeda.
Tentu saja, banyak faktor lain yang juga mempengaruhi riding position Brader: ukuran seat-post, posisi sadel, jumlah spacer pada headset, panjang handlebar, dll.. semua itu tentunya merupakan komponen yang bisa diadjust untuk menentukan posisi berkendara yang sesuai. Namun untuk Stack dan Reach tentu saja tidak bisa dirubah karena bagian permanen dalam sebuah frame.
Logika sederhana, untuk Stack yang lebih panjang, akan menempatkan Brader pada posisi berkendara yang lebih tegak. Jika Stack pada angka yang sama kemudian Reach lebih panjang, maka Brader akan mendapatkan posisi berkendara bergaya endurance.
Brader dapat menyesuaikan posisi berkendara dengan menambah atau melepas spacer headset, mengganti stem, dan sebagainya, tetapi hanya itu-itu aja, itulah sebabnya dari awal menentukan Stack dan Reach sangatlah penting untuk menentukan posisi/gaya berkendara.

Perbandingan riding position agressive atau relaxed menandai sepeda tersebut memiliki tipikal performance atau endurance.
Katakanlah Brader akan membeli sepeda baru, jika Brader senang dengan posisi berkendara sepeda saat ini, maka cukuplah membandingkan Stack dan Reach. Hal ini akan memungkinkan Brader mendapatkan posisi yang sama pada model atau sepeda baru! itulah poin-nya, keren kan!
Di sisi lain, jika Brader merasa posisi saat ini sedikit terlalu agresif – Brader merasa posisi tubuh terlalu rendah, maka pertimbangkan model dengan Reach yang lebih pendek dan / atau Stack yang lebih tinggi. Atau sebaliknnya.
BACA JUGA:
Leave A Comment