Minivelo di Indonesia sedang bertumbuh, semakin banyak pabrikan yang menggarap kategori ini. Mungkin terpicu dari tren yang dibawa masyarakat secara organik ketika di sekitar akhir 2019 tren minion ramai di Indonesia. Custom sepeda mini yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama minion dimulai dengan banyaknya yang merestorasi sepeda lama menjadi lebih kekinian. Hanya beberapa pabrikan yang membuat konsep “minion”, seperti Genio dan BNB. Sejak saat itu, semakin banyak konsumen yang mulai melirik konsep minivelo. Tyrell, merek asal Jepang ada yang memasarkan di Indonesia mengingat pasar di kategori sepeda mini ini mulai ramai.

Sekarang ini hampir semua pabrikan di Indonesia sudah turut meramaikan seri minivelo mulai dari tahun 2020. Minivelo termasuk genre yang kami prediksi bakal terus meningkat penggunanya, kami masukkan dalam Tren 2022. Braderian termasuk yang paling semangat mempopulerkan minivelo. Kami menganggap Minivelo merupakan genre paling relevan dengan gaya hidup modern. Kali ini kami hadirkan daftar minivelo terbaik rekomendasi Braderian di pasar Indonesia.

 

Rekomendasi Minivelo Terbaik

  1. Dominate Rapide

    Mungkin belum banyak yang tau kalau Dominate rilis  jajaran minivelo terbaik. Tak tanggung, dibawah tipe Rapide ada 3 pilihan versi. semuanya bermaterial carbon. Tipe paling bawah menggunakan konfigurasi kecepatan 2×8 speed L-Twoo. Crankset PROWHEEL Ounce-421C-TT-N, 34-50t, 170mm. Mechanical Disc-brake dengan ban VEE Speed Booster, 20″ × 1 ⅜.  Framenya berdesain sangat modern dan aero, termasuk seatpost bergaya aero. Dominate dikenal dengan desain decal yang simple, impresif dan rancang bangun yang detail. Dijual di wiucycling.com Dominate Rapide dibanderol dengan harga Rp. 13.628.000. 

    Punya budget lebih? Brader bisa pilih versi Rapide Comp, dipersenjatai dengan Shimano Claris, 2 x 8-speed dengan harga Rp. 15.863.000. Atau pilih Rapide Elite dengan desain warna gradasi duo-tone Shimano Tiagra 2 x 10 speed , Cassette Sprocket SHIMANO GRX HG500-10, 10s, 11-34 T dengan harga Rp 16.397.000.

    Dominate Rapide, Carbon Minivelo 2×8 speed, hydraulic disc-brake.

     

  2. Pacific Clash

    Pacific merilis 2 versi minivelo yaitu Clash 5 dan Clash 7. Menggunakan basis frame yang sama, Clash 5 menggunakan flatbar sedangkan Clash 7 menggunakan dropbar. Menggunakan material frame yang sama yaitu aluminium alloy, Hydraulic discbrake, ban Kenda 20×1-3/8” keduanya dibedakan secara signifikan oleh pilihan RD dan FD. Clash 5 menggunakan Shifter Shimano Deore 2×10 Speed, FD Shimano Tiagra 2 Speed dan RD Shimano Deore 10 Speed, dibanderol dengan harga Rp6.850.000. Sedangkan Clash 7 menggunakan Shifter Shimano Tiagra 2×10 Speed, FD Shimano Tiagra 2 Speed, RD Shimano Tiagra 10 Speed. Pacific cukup kompetitif dengan menawarkan drivetrain sekelas Shimano Deore dan Tiagra.

    Pacific Clash 7, Aluminum Alloy aero frame, 2 x 10 speed

  3. Thrill Volare FX 4

    Ini minivelo yang masih fresh, baru aja rilis di awal tahun 2022. Thill menawarkan diferensiasi yang menarik, berbeda dengan kebanyakan kompetitornya yang menggunakan fork rigid, Volare FX4 menggunakan tapered mono shock fork X-HIBIT XT 25 mm Travel.  Bermaterial frame aluminum alloy dengan pilihan flat-handle bar, Shimano Altus 1 x 8 speed, Radius Mechanical disc-brake dan Vee Tire Speedster 20″ x 1-3/8″ Thrill Volare FX4 dihargai retail Rp. 4.020.000 .Thrill dikenal sebagai salah satu pabrikan terbaik dalam rancang bangun BMX, MTB dual-suspension tentu tak mengejutkan jika Thrill memilih membangun minivelo dengan suspensi.

    Thrill Volare FX4 2022, minivelo dengan front suspension.

  4. Polygon Gili Velo dan Fitte

    Tentu pabrikan sekelas Polygon tak melewatkan tren minivelo di Indonesia. Polygon merilis minivelo dalam bentuk elektrik, berturut dari Polygon Gili Velo disusul dengan Gili Fitte. Gili mengusung konsep gaya hidup urban yang mempertimbangkan aspek  fashion, kepraktisan dengan pilihan warna yang slick dan modern. Bermaterial aluminium alloy, kecepatan 1 x 8 Rear Derailleur Shimano Claris 8 speed, Shifter Shimano Altus. Polygon Gili Velo dibanderol dengan harga Rp 14.500.000. Polygon klaim Gili Velo dapat digunakan hingga sejauh 80 km dalam kondisi baterai penuh (informasi pada website ).

    Jika Gili Velo menggunakan flat-bar, Gili Fitte menggunakan dropbar dengan top-tube yang lebih horisontal. Dengan menggunakan 5 variasi power assist, maksimal speed 32 km/jam.  Fitte menggunakan konfigurasi kecepatan 1 x 9 Shimano Sora, Tektro MD-M280, Mechanical Disk Brake. Menggunakan motor Bafang Rear Hub Motor, DC 36V, 250 W, Disc Brake 6 Bolt. Baterai Li-Ion internal battery, 36V, 7AH, Smart BMS. Hanya tersedia 1 ukuran, Gili Fitte dibanderol dengan harga Rp 15.500.000.

    E-bike Minivelo Polygon Gili Fitte, Aluminium Alloy Commuting, 10×138 OLD

  5. Tern Crest

    Di Indonesia Tern Crest didistribusikan oleh Rodalink dan Serba Sepeda.  Jika Brader amati desain minivelo yang sudah kami sebutkan di atas, ada kemiripan konsep desain yaitu bentuk frame yang tampil modern dan aero. Desain frame Tern Crest justru sebaliknya, tampil lebih konservatif, minimalis, namun tetap relevan dengan tren desain terkini. Beberapa orang lebih menyukai desain sederhana ini karena desainnya dinggap lebih tak lekang zaman. Tak hanya frame, Crest juga sedikit berbeda dalam memilih ukuran ban — yaitu 22″ x 1-3/8″ dengan karakter comfort. Crest bermaterial aluminium alloy dengan fork hi-ten steel. Untuk drivetrain, Crest dibekali dengan Shimano Altus 1 x 8 Speed, Crank Set Kitt Custom, Alloy Crank – 52T, Cassette Shimano, 11-32T dan gear rasio 28″ – 98″ (3.07 – 7.81 m). Crest memilih rim-brake sebagai pengendali kecepatan dan flat-bar untuk manuver lebih lincah. Tern Crest dibanderol dengan harga Rp 6.300.000

    Minivelo Tern Crest VS Genio Zippy

    Minivelo Tern Crest VS Genio Zippy

  6. Genio Zippy

    Kami pernah membandingkan Zippy dengan Tern Crest karena memiliki kemiripan konsep desain walau punya spesifikasi yang berbeda. Genio Zippy menggunakan material high-tensile steel, sebagian alasan mungkin untuk menekan biaya produksi dan mengambil benefit karakter steel yang meredam getaran lebih baik. Zippy mengusung konsep desain minimalis minivelo yang terinpirasi dari desain Jepang, menggunakan narrow-rise-bar, dan punya keunggulan kompetitif di hydraulic disc-brake. Kini Zippy telah memasuki generasi ke-2 dengan nama rilis Zippy Jilid 2, Genio telah memberikan improvement pada posisi handlebar yang lebih tinggi sehingga posisi berkendara lebih tegak, selebihnya Genio menawarkan pilihan warna yang menarik. Dari sisi harga, Genio menawarkan harga paling kompetitif yaitu Rp. 2.5000.000Update: Menyusul Zippy Jilid 2, Genio merilis Zippy Active AL dengan material aluminum alloy, kita tunggu saja update dari Genio. Simak juga penampakan Genio Zippy AL di artikel berikut.

    Zippy Active AL 2022, minivelo dari Genio Bike versi aluminium alloy

OK, itulah daftar minivelo rekomendasi Braderian yang tersedia di pasar Indonesia. Brader punya rekomendasi atau opini lain? silahkan turut memberikan opini di kolom komentar. Yuk, ramaikan sepeda kategori minivelo.

 

BACA  JUGA: