Di bawah naungan PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk, Genio Bike baru saja merilis sepeda tipe baru dalam kategori minivelo. Termasuk dalam lini produk minivelo series, April 2022 Genio Bike merilis 2 tipe sepeda sekaligus, yaitu Zippy JILID2 & Zippy Active AL. Minivelo adalah full-bike dengan ukuran yang lebih kecil dari sepeda dewasa pada umumnya yang dilengkapi dengan roda berukuran 20 inch. Termasuk kategori alternatif, Genio Bike mencoba menguatkan penetrasi produk di ceruk pasar sepeda mini.

“Pasar minivelo memang tidak sebesar MTB (Mountain Bike) dan Road Bike, bahkan lebih kecil dari Folding Bike namun menarik bagi kami karena konsep minivelo sangat relevan dengan gaya hidup modern, khususnya masyarakat di Indonesia. Kami optimis tren minivelo semakin meningkat dan menjadi peluang bagi Genio Bike”, jelas Fendi Widhiatmoko selaku Brand Manager Genio Bike.

Seperti ukuran folding-bike 20 inch namun tidak ada mekanisme lipat, minivelo cocok untuk mobilitas tinggi, berpindah dari satu moda tranportasi yang satu ke yang lain. Mudah dimasukkan ke mobil ukuran besar, nyaman dituntung di kereta, atau bersepeda penuh dari garasi rumah menuju kantor. Karena ukuran yang lebih kecil, minivelo cocok untuk masyarakat urban yang tinggal di apartemen. Secara fungsi minivelo punya manfaat luas, dari kebutuhan commuting, bike-to-work, dan kebugaran.

Zippy Active AL 2022, minivelo dari Genio Bike versi aluminium alloy

Genio Bike menempatkan Zippy sebagai flagship product, sepeda compact yang ditawarkan dengan spesifikasi mumpuni. Secara pemasaran, oleh Genio Bike saat ini Zippy dibuat lebih menonjol dari tipe yang lain. “Kami mendesain Zippy bukan hanya mempertimbangkan aspek fungsi dan performa, tapi juga memadukan dengan gaya. Konsep tersebut cocok untuk Generasi Z yang lahir sekitar tahun 1996 saat ini statusnya banyak yang sudah mulai bekerja, Gen Z adalah target pasar utama Genio Zippy yang saat ini menjadi prioritas”, Fendi Widhiatmoko menambahkan.

Fendi mengungkapan bahwa pengembangan lanjut produk Zippy atas dasar permintaan konsumen, Minivelo Zippy telah 2 tahun dikembangkan serius oleh Genio Bike. Zippy JILID 2 sudah mengalami peningkatan performa. “Steerer dibuat lebih tinggi sehingga akan membuat posisi berkendara lebih tegak dan nyaman, bersepeda lebih jauh. Dibuat lebih agresif dengan memperbesar ukuran chainring menjadi 53T, handlebar yang sedikit lebih panjang untuk manuver lebih lincah”, ungkap Fendi Widhiatmoko.

 

Zippy JILID2 bermaterial High-tensile Steel dengan gaya yang lebih klasik namun dikombinasikan dengan komponen modern. Zippy JILID 2 merupakan salah satu kesuksesan Genio Bike dalam memperkenalkan kembali kejayaan material klasik, menyusul Genio Scappa pada kategori Gravel.

 

“2022 menjadi lebih spesial karena kami merilis Zippy versi aluminium alloy untuk pertama kalinya. Zippy Active AL punya spesifikasi lebih tinggi, bobot lebih ringan dan desain lebih modern” pungkas Fendi Widhiatmoko.

 

Zippy Active AL menggunakan material Aluminium Alloy AL6 dengan teknologi hydroformed membentuk desain frame yang lebih modis. Karakter frame lebih rigid (kaku) sehingga membantu kayuhan lebih efisien, bersepeda lebih agresif. Dilengkapi dengan konfigurasi kecepatan 1×10 speed, single-chainring 53T, pengereman hydraulic disc-brake 160mm rotor dan ban 20″ x 1 3/8. Zippy Active AL tersedia dalam 3 varian warna unggulan, yaitu Quick Silver, Black Coffee dan Oxford Blue.

Zippy Active dan JILID2 menggunakan ekstra spacer pada bagian steerer supaya pengendara lebih mudah menentukan ketinggian handle-bar, bebas menentukan gaya berkendara yang lebih comfort atau agresif. Hal tersebut adalah strategi Genio supaya dengan ukuran all-size bisa menampung rentang ketinggian pengguna yang lebih luas.

 

Diketahui, mengikuti strategi PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak Maret 2022 dengan kode saham BIKE, Genio Bike telah memperbaiki branding dan agresif berinovasi. Genio Bike telah merilis website dengan identitas brand yang diperbaharui, kemudian memperkuat kategori produk dengan merilis produk yang lebih kompetitif di kelasnya. Setahun terakhir Genio Bike telah memperkuat kategori Road Bike, Gravel dan Minivelo, menyusul kategori sebelumnya yang sudah eksis yaitu MTB, Folding (Sepeda Lipat), City Bike dan Kids Bike. Genio Bike adalah merek yang dipegang dan didistribusikan oleh PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk.

Source: Press Release Genio Bike