Sejarah Scappa

Genio Bike rilis Scappa, sebagai gravel bike untuk pertama kalinya di 2021, dan menjadi heboh. Viral di kalangan pesepeda khususnya gravellers. Ketikan di google search banyak mengarah ke Scappa ini untuk mencari informasi. Group komunitas sontak dipenuhi foto Scappa. Ada apa ini? Brand Genio yang dikenal produksi sepeda murah, kenapa tiba-tiba heboh?

 

Credit: featured photo by kamyaputra– @ Grvlbike

 

Saat itu semua orang menjadi heran sama si Scappa ini, bukan karena performa yang luar biasa, tapi heran gimana bisa ada gravel bike seharga 2,7 jutaan, ini hil yang mustahal! mengingat kebanyakan sepeda gravel paling murah di harga sekitar 16jutaan, itu United Gavrill. Polygon yang belum sepenuhnya gravel (karena semi touring) seperti Bend R2 dibanderol 11 jutaan. Marin Nicasio punya harga retail 11 jutaan, bisa dibeli di Rodalink. Nah.. ditengah harga sepeda gravel yang mungkin bagi sebagian orang susah untuk membelinya, Genio mendadak ngeluarin Scappa dengan harga 2,7 jutaan tentu membuat jiwa ini berteriak tak tahan ingin segera menebusnya, urusan dijewer istri itu belakangan aja.

Jadi selama 2021 hingga pertengahan 2022, Genio Scappa dikenal sebagai gravel murah. Meski, kita tau sendiri ya performanya lumayan payah. Masalah klasik kalau sepeda murah biasanya yang dikorbankan adalah rem yang senin-kemis dan RD/FD yang tidak berkelas. Bisa dipastikan kalau brader pengen lebih perform, harus upgrade beberapa parts seperti hubset, bottom-bracket, dan headset demi kelonceran dan rigiditas. Crank dan sprocket juga biasanya lebih asik updagrade ke HT2 dan Cassette. Ban dan Rim juga kebanyakan orang menggantinya. Hampir semuanya diupgrade, biasanya bawaan Genio yang tersisa tinggal frame, dropbar dan seatpost.

 

 

 

Credit: Photo, Genio Bike/ Instagram @aayudii @mommyfotoin @rizkyeputra @kingeleven @fianfahmi, Genio Scappa 2021

 

Militan dengan Scappa

Nah ini anehnya, meski Scappa punya segudang kekurangan (hampir semua partsnya perlu diganti) tapi Scappa tetaplah menjadi top-of-mind bagi penggiat gravel. Scappa tetap saja menjadi produk prioritas yang harus dibeli (terutama yg budget oriented). Bukan hanya semata-mata karena murah, tapi Scappa memang punya banyak kelebihan lain, berikut adalah diantaranya :

  1. Looksnya cakep. Meski gravel murah, tapi banyak yang sepakat Scappa punya tampilan yang berkelas. Desain framenya simple dan ideal bergaya gravel. Dari awal rilis sudah konsisten dengan flared-drop-bar dimana kompetitor yang lain masih tanggung dengan dropbar biasa atau bahkan ada yg dibandingin dengan Polygon Path bergenre hybrid yang masih pakai flat-bar, jelas Scappa lebih masuk di hati. Pilihan warna Scappa juga sangat cocok untuk ekosistem gravel, desain decalnya juga tampak sederhana ga ada kesan murah.
  2. Geometrynya itu ideal gravel. Jika Brader ngikutin facebook group GX ID, banyak review positif yang menyebut Scappa punya geometri yang bagus, cukup perform secara geometri. Tak menyangka juga kalau sekelas Genio concern dengan geometri, Genio punya peningkatan signifikan sejak re-branding 2020. Sejak rilis 3 model road bikenya (3Road Series), Genio telah konsisten menyajikan data geometri dan bike sizing chart (tidak semua brand menyajikan data ini). Bahkan sempat saya baca satu statement dari Genio (entah dimana saya lupa) bahwa Genio tidak fokus dengan komponen mewah (jelas karena ada target menekan harga) tapi Genio fokus dengan rancang bangun geometri, mantapss! — cocok buat kaum upgrade pecinta proses, tidak cocok buat kaum mendang-mending.
  3. Steel is Real. Material steel banyak penggemarnya, steel membuat desain lebih klasik dan ringkas, secara performa juga dipercaya meredam getaran lebih baik. Sebenarnya banyak juga yg request ke Genio untuk dibuat versi Chromoly, kita tunggu aja kira-kira Genio akan realisasi atau tidak. So far, Genio cukup dengerin apa kata usernya sih tapi jujur saya agak ragu kalau Genio mau realisasi Chromoly, berani harga berapa nanti? Bagi saya, material hi-ten steel paling relevan dan make-sense, sesuai dengan positioning Genio.
  4. Jadi bahan modifikasi! Scappa menjadi bahan modifikasi yang sempurna! ini sudah jadi rahasia umum, Brader dengan mudahnya menemukan beragam bentuk Scappa yang sudah dimodifikasi karena kesederhanaan framenya membuat cocok dibuat apa aja, bisa jadi commuter bike, diganti flatbar ala hybrid, banyak yang cat ulang frame, menambahkan front rack atau pannier. Parahnya lagi, banyak yang membelah framenya kemudian di las ulang untuk merekayasa bentuk geometri. Ini adalah kelebihan material besi, gampang di permak ulang. Mungkin dengan harganya yang relatif murah, membuat orang lebih rela kalau frame di-las ulang. Bagian sebagian orang, ini seru banget, ada kepuasan tersendiri kalau sepeda mudah di custom.

 

Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, Scappa sangat diterima pasar dan namanya cukup berhasil mendistraksi para kompetitor senior dan yang lebih mahal.   

 

Scappa 2022

Genio terlihat cukup pandai memainkan line-upnya. Setelah sukses Scappa steel versi pertamanya, Juli 2022 Genio merilis Scappa GX yaitu gravel dengan platform baru bermaterial alloy. Dengan spesifikasi, material dan desain frame yang ada, Scappa GX menjadi sebuah improvements yang cukup jauh dari Scappa besi. Konsepnya sangat menjanjikan, menjadi sinyal kuat bahwa Genio semakin serius dengan Gravel. Cek detail produknya di halaman ini.

Genio tetap mempertahankan positioningnya, sebagai brand yang menawarkan produk ekonomis namun dengan konsep yang selalu kompetitif atau setidaknya punya daya tarik kuat.

 

Terbukti Scappa GX dirilis dengan harga 4,2 juta, ini mah tidak ada lawan! Tidak ada kompetitor yang bermain di harga ini dengan looks dan komponen yang lebih dari cukup!  Lagi-lagi Genio bikin geger dengan merilis gravel alloy murah!

Kali ini saya tidak membahas Scappa GX, kita kembali ke Scappa Steel.

 

 

Ada sinyal kuat kalau Genio bakal rilis Scappa Steel generasi ke 2, rumor ini berhembus kencang di group facebook GX/ID. Beberapa screenshot komunikasi beberapa pengguna Scappa dengan mimin Genio terungkap sepertinya Scappa versi 2 (ada yang menebak dengan nama Scappa Jilid 2 mengikuti penamaan Minivelo Zippy).

Genio sudah melebarkan line-up gravel dengan kemunculan Scappa GX, kemudian tampak melanjutkan versi Scappa Steel, gokil sih ini! Kita tunggu saja rilisnya.

 

BACA JUGA: