Brader pernah mendengar nama Julien Absalon? Pebalap MTB XC asal Prancis yang konon merupakan rider XC tersukses di masa lalu dan sekarang yang mengantongi beragam titel juara baik tingkat Nasional maupun Internasional seperti World Championship dan bahkan Olimpiade. Nama besarnya pun serta merta mengangkat brand yang pernah dibawanya seperti merk sepeda yang mensupport Absalon pada periode tahun 2007-2014 yakni Orbea.
Pabrikan asal Spanyol yang memiliki lineup dari beberapa genre ini mulai melambung di kompetisi XC Race ketika Absalon banyak menyabet juara dengannya. Absalon dan Orbea menjelma jadi paduan yang serasi kala itu dengan lineup Alma yang menjadi top of line sepeda genre XC merk yang berdiri sejak tahun 1931 dan bermarkas di Mallabia, mulai pengembangan bentuk frame sampai dengan decal khusus edisi Absalon meraih juara dunia dan olimpiade di tahun yang sama pun menjadi ikonik terhebat Orbea.
Nah Braderian kali ini ingin sedikit mengupas soal sepeda Orbea Alma Gold Carbon 2008 – Edisi Julien Absalon, sepeda yang diproduksi untuk lineup 2008 ini tak jauh beda dengan konsep geometri sepeda MTB XC pada umumnya, berspek fork travel 100mm dengan model tubing yang tak terlalu kecil namun cukup untuk memangkas bobot dengan bahan carbon yang pada tahun itu mulai banyak dijumpai di sepeda XC Race karena pemakaian frame alloy dirasa kurang ringan dan disinilah beberapa pabrikan mulai serius mendeveloped bahan carbon di frame mereka meskipun belum semua bagian frame yang “benar-benar” berbalut carbon fiber. Diantaranya dropout roda belakang, BB Shell, dan discbrake mount yang masih mengakomodir bahan alloy di materialnya.
Frame berkelir utama putih dan aksen hitam menjadi terlihat menonjol jika dijajarkan dengan sepeda lain, maklum pada saat itu warna-warna atraktif memang sangat digandrungi beberapa pabrikan sepeda. Yang menarik di decal frame Orbea Alma Gold Carbon 2008 ini adalah striping pelangi dan emas yang menjadi ciri penanda juara dunia dan olimpiade dan tentu penyematan nama Absalon menjadi sangat ekslusif di dalamnya.

Beberapa bagian frame masih memakai tambahan alloy di beberapa bagian frame
Masih mengadopsi spesifikasi roda 26 karena pada saat itu spesifikasi 27.5 apalagi 29 belum banyak dipakai karena beberapa aspek sehingga jika brader melihat bentuk fullbike ini jika dibandingkan lineup Alma terbaru di 2017 akan sangat ketara perubahan yang cukup masif, terutama di diameter roda dan garis frame. Jalur perkabelan yang masih terekspose dan berada di atas toptube menjadi pemandangan yang sangat klasik untuk Orbea Alma Gold Carbon 2008 ini, beberapa lineup Alma masih mengakomodir v-brake dan ada pula yang discbrake dengan opsi mounting vbrake yang bisa dilepas pasang sesuai peruntukan dan opsi spesifikasi dan hal ini hampir tak akan brader temui di lineup brand sepeda manapun bahkan Orbea sekalipun.
Berbobot dirasa sangat ringan untuk sepeda saat itu dengan angka 7 kilogram menjadikan Orbea Alma Gold Carbon 2008 menjadi salah satu sepeda tercepat dan teringan pada masa itu, apalagi dengan part lineup dari Sram mulai fork sampai drivetrain sembilan percepatan dengan balutan bahan titanium dan carbon mejadikannya sangat resposif dalam hal handling karena bobot yang ringan tersebut.
Leave A Comment