Kaget juga waktu buka tokped, liat harga United Brownhills jadi 4 jutaan! ini sepeda tadinya seharga 8 jutaan. Dulu sempat pengen banget tapi duit belum cukup, sekarang harga udah diskon sampe 50% — duitnya udah kepake buat beli Genio Folkzy (wkwk ga nyambung sih) .. malah saya lagi ngincer United Felipe, eh nongol Brownhills T2 udah pake Shimano Deore 1×10 harga miring banget. Fenomena jelang akhir tahun emang selalu gini ya.. gini banget ya.. duh hidup hidup..

 


Cek United BROWNHILLS T2: Dual-Suspension MTB level beginners 

Pemain cross-country tapi pengen full-suspension, boleh lah lirik Brownhills. United BROWNHILLS T2 layak diperhitungkan. Sistem linkage-nya sih menerapkan single pivot sederhana, dan dengan spesifikasi suspensi depan dan belakang yang standar, sepeda ini personal saya masukkan level pemula. Tapi bukan berarti sepeda ini diremehkan ya, buat Brader yang suka maen XC (cross country) ringan trus mau coba alternatif dengan dual suspension, Brownhillls boleh dipertimbangkan.

Ingat, jangan gunakan Brownhills untuk main drop-dropan yang tinggi, front suspension hanya 120mm  VENOM AIR HLO. Memang untuk kelas XC, jadi travel cukup 120 mm. Jangan coba-coba upgrade ke travel lebih tinggi, frame ini sudah didesain untuk XC. Front-sus Venom lumayan kok, saya pernah mencobanya di Avand Reigate –fitur dan fungsi berjalan dengan baik, berperforma.

Hal yang paling menggiurkan sebenarnya karena sudah terpasang Shimano Deore M4120 1×10 speed. United Brownhills jadi seharga 4,6 jutaan jadi bungkus aja. Tentunya sudah Cassete, ukuran 11-42T. Crankset pakai mereknya United, tapi OK lah sudah HT2.

Ban pakai MAXXIS IKON 27,5″ X 2,20″ — ban ini ringan sih, dipadu dengan rim Nautilus udah sangat cukup. Rem standar, sudah ketebak, di level ini biasanya pakai Shimano MT-200, Hydraulic Disc brake, rotor 180 mm, ya kalau pengen upgrade boleh ganti pakai Shimano MT400.

 

 

Rear Suspension: EXA A5 AIR 190MM X 50MM

Setelah saya googling ya, suspensi ini memiliki konstruksi yang kuat dan penyesuaian utama pada pegas udara, sehingga menjadi suspensi belakang teringan dalam kelasnya. Dengan menggunakan udara sebagai medium pegas, suspensi ini menawarkan penyesuaian yang sangat baik tanpa menambah berat. Preload (beban awal) juga dapat diatur secara mendetail dengan mengubah tekanan di ruang udara utama. Ini adalah suspensi belakang yang sederhana, sangat andal, dan sangat ringan.

Ultra-light shock absorber: Udara digunakan sebagai peredem kejut tingkat medium, membuat komponen ini menjadi lebih ringan bahkan perkiraan setengah dari suspensi koil biasa.

Kemampuan penyesuaian yang luar biasa: A5 RR1 memiliki ruang udara utama atau air chamber (MP) dan ruang udara sekunder (NP), MP dapat digunakan untuk mengatur tingkat kekerasan, dan NP dapat digunakan untuk mengatur kecepatan rebound. Perlu diperhatikan bahwa tekanan udara di NP < tekanan udara di MP ≤ 200 PSI, jika tidak, peredeam kejut dapat rusak.

 


Update: Oktober 2023, harga bisa jadi berubah klo program diskon sudah selesai. gasss!