Alfamart membuat kejutan. Publikasinya tak berasa, jaringan ritel waralaba Alfamart ternyata membuat konsep toko yang berbeda dengan nama baru yaitu Alfa X. Nama Alfa X terlihat merepresentasikan segmentasi konsumen yang disasar oleh Alfamart, yaitu generasi X. Atau setidaknya dimulai dari generasi X hingga generasi selanjutnya. Termasuk kategori generasi milenial di dalamnya. Tentu saja bukan tanpa alasan. Mulai generasi X lah, kini sedang berada di puncak masa produktif.

AlfaX mengusung konsep co-working-space dengan tidak menghilangkan fungsi utama Alfamart sebagai toko retail. Selain sebagai convenience store, fasilitas yang tersedia di AlfaX nantinya adalah nongkrong, berkegiatan di co-working space, ruang pertemuan khusus, dan bahkan ada mini stage untuk penampilan band.

Sejak Desember 2019

Alfa X saat ini baru ada di tiga tempat yaitu Alfa X S. Parman Grogol, Alfa X Arjuna Kebon Jeruk, dan Alfa X Alses UI Depok. Lokasinya memang sengaja dibuat lebih dekat dengan kampus yaitu Universitas Tarumanegara, Universitas Binus, dan Universitas Indonesia. Sudah jelas segmentasinya, Alfa X bisa menyasar para mahasiwa.

Sebenarnya Alfa X sudah berdiri sejak Desember 2019 silam. Namun, isu pandemi Covid-19 yang sudah masuk ke Indonesia sejak Januari, lalu penetapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak Maret, membuat nama Alfa X kurang terdengar.

Bahkan harus sempat terhenti dulu menunggu kondisi yang kondusif.

Meski begitu, di masa peralihan kebiasaan baru seperti sekarang Alfa X tetap akan menjalankan protokol kesehatan. Selain pengecekan suhu badan dan standar protokol kesehatan lainnya, Alfa X hanya akan menerima 50 persen dari kapasitas yang sebenarnya.