Atlet panjat tebing Indonesia Aspar Jaelolo berselebrasi usai menang pada final nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022 IFSC Seri Jakarta di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (24/9/2022). Aspar menjadi juara dunia Seri Jakarta setelah mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Kiromal Katibin di babak final dengan mencatatkan waktu terbaiknya 5,393 detik.

Cabang olahraga panjat tebing mungkin tak sepopuler olahraga lainnya seperti bulu tangkis atau sepak bola, namun taukah Brader bahwa Indonesia telah meraih medali emas! Kita patut membanggakannya.

International Federation Sport Climbing World Competition resmi dibuka pada Sabtu (24/9/2022) pagi di kawasan SCBD Park, Jakarta. Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia, Yenny Wahid hadir dan membuka resmi Kejuaraan Dunia Panjat Tebing tersebut.

Yenny optimistis dengan potensi atlet-atlet terbaik Indonesia bisa membawa pulang medali emas.Sebelumnya, pada Sabtu (24/9/2022) pagi, Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 resmi di buka di LOT 16 dan 17 SCBD, Jakarta Selatan.

Piala Dunia Panjat Tebing 2022 diikuti oleh 27 negara, dengan total 197 atlet yang berkompetisi hingga Senin 26 September.
Indonesia selaku tuan rumah mengirim 42 atlet nomor ”speed” dan ”lead” untuk memperebutkan juara di Seri Jakarta.

IFSC Climbing World Cup merupakan pemanasan menuju Olimpiade Paris 2024.

Aspar Jaelolo di kategori speed putra memenangkan perang saudara Kontra Kiromal Katibin di final dengan catatan waktu 5,393 detik. Katibin membukukan waktu dengan perolehan angka 5,757 detik dengan medali perak, sedangkan perunggu direbut atlet Tiongkok Long Cao. Piala Dunia kali ini merupakan series terakhir kategori speed dari 7 series musim 2022.

 

 

Sumber: kompas.tv. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.